Industri Makanan Kita

Sumber: Buku *Anda Tidak Perlu Sakit* – Cara Sehat Dr. Handrawan Nadesul, hal. 268, Penerbit Buku Kompas

MSG LAGI, MSG LAGI

“Dulu pemakaian penyedap masakan menggunakan takaran terbuat dari kayu ramping layaknya sendok es krim, dengan tujuan agar takaran tidak berlebihan. Sekarang dengan leluasa menuang langsung dari kantung kemasan, atau dengan sendok makan.

Padahal, sudah banyak bukti kelebihan penyedap untuk waktu lama mencetuskan kanker. Sampai sekarang takaran penyedap di restoran, mi bakso, soto, dan sejenisnya lipatan kali dosis yang aman dari ancaman kanker dan tidak mendapat peringatan.”

ULASAN WIED HARRY:
Pro-kontra penggunaan produk MSG adalah hal wajar, terlebih karena ini menyangkut kepentingan bisnis. Para ilmuwan yang pro menyebutkan produk MSG aman, asal dikonsumsi dalam batas wajar. Nah, sayangnya batas wajarnya itu seberapa bisa kita patuhi jika nyaris semua makanan saat ini sudah dibubuhi produk MSG?

Sejak beberapa waktu lalu, saya pribadi berkeputusan untuk tidak lagi terlibat dalam “debat produk MSG”. Bagi saya, lebih penting mengajak masyarakat membelanjakan uangnya untuk membeli bahan-bahan makanan dan bumbu alami yang kaya dengan MSG alami. Sebab, bahan-bahan tersebut juga kaya dengan serat dan nutrisi, dibanding produk MSG yang tidak mengandung apa pun.

Semua bahan yang lazim digunakan oleh nenek dan ibu kita untuk membuat kaldu, kaya MSG alami. Contoh bahan kaya MSG alami untuk kaldu hewani: ayam, ikan, daging [termasuk tulang-tulangnya]; udang [termasuk kulitnya]. Contoh bahan kaya MSG alami untuk kaldu nabati: tomat, bawang bombai, seledri, daun bawang, wortel. Bahan-bahan makanan lain dan bumbu yang berlimpah MSG alami adalah bawang merah, bawang putih, tempe, taoco, terasi, ebi, rebon/impun, dll.

Satu hal lagi, penyebutan produk MSG dengan nama dagang “penyedap masakan” adalah trik untuk memenjarakan pikiran kita agar meyakini bahwa tanpa produk tersebut masakan kita tidak sedap. Sejak sekarang, lepaskan pikiran itu! Yuk kita gunakan hanya MSG alami dalam bahan-bahan makanan dan bumbu alami … Lebih hemat, lebih sehat! Masakan dijamin lezat!

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s