E Untuk Eating Right [Makan Dengan Benar]

Dikutip sesuai aslinya dari buku pH MIRACLE, Robert O. Young, Ph.D., D.Sc. dan Shelley Redford Young, LMT, hal. 73

“… Beruntunglah kita karena mudah mengelompokkan makanan mana yang meninggalkan debu yang mana. [Wied Harry: *Debu* yang dimaksudkan oleh penerjemah adalah abu mineral. Dalam penelitian kandungan mineral bahan, makanan yang mau diteliti dibakar hingga menjadi abu, kemudian abunya itu yang dianalisis.] Secara umum, MAKANAN HEWANI – DAGING, TELUR, SUSU; MAKANAN YANG DIPROSES DAN DIOLAH; MAKANAN TERFERMENTASI; GANDUM/TERIGU; PEMANIS BUATAN; BUAH; DAN GULA BERSIFAT ASAM; sama halnya dengan alkohol, kopi, cokelat, teh hitam, dan soda. SAYUR-SAYURAN, DI LAIN SISI, BERSIFAT BASA. Kelompok ini mencakup beberapa jenis yang secara teknis termasuk buah-buahan: avokad, tomat, paprika. Beberapa buah jeruk tidak manis [Wied Harry: seperti jeruk nipis dan jeruk lemon] juga bersifat basa dalam tubuh, seperti halnya kecambah dari aneka biji-bijian [Wied Harry: contoh taoge alfalfa], kecambah dari polong-polongan [Wied Harry: contoh taoge kacang hijau, taoge kacang tolo, taoge kedelai], kecambah gandum. Gandum bersifat asam, walaupun beberapa di antaranya (millet, buckwheat, spelt) hanya sangat sedikit bersifat asam. Makanan mentah lebih bersifat basa, sementara makanan yang dimasak lebih bersifat asam.

Untuk mempertahankan pH yang seimbang dalam darah dan jaringan Anda, POLA MAKAN HARUS TERDIRI SETIDAKNYA 70-80 PERSEN MAKANAN BASA – YAITU, TIDAK LEBIH DARI 20-30 PERSEN MAKANAN YANG BERSIFAT ASAM (DAN MINIMAL SEPARUH DARI 70-80 PERSEN TERSEBUT SEBAIKNYA MENTAH). Ini adalah pengukuran secara visual, bukan dengan perbandingan berat badan atau kalori. Semakin basa pola makan Anda, semakin cepat perbaikan yang Anda capai. Berbeda dengan apa yang dikenal dengan “piramida makanan”, yang memiliki efek asam keseluruhan, program ini akan membawa Anda kembali ke basa.

ULASAN WIED HARRY:
Pasti paparan di atas sudah sangat jelas. Jika mau sehat, menu harian kita harus terdiri atas 70-80 persen makanan pembentuk basa, yakni SAYUR-SAYURAN. Dan MINIMAL SEPARUH dari makanan pembentuk basa tersebut SEBAIKNYA MENTAH. Bisa sebagai salad sayuran, jus sayuran, dan lalap sayuran mentah. Sanggup? Jawaban sepenuhnya ada di tangan Anda.

FOTO : Istimewa

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s