Cara Tuhan: Makanan Yang Hidup

Dikutip sesuai aslinya dari buku THE HALLELUJAH DIET DR. George Malkmus:

**Berfirmanlah Allah: Lihatlah, Aku memberikan kepadamu SEGALA TUMBUH-TUMBUHAN YG BERBIJI di seluruh Bumi dan SEGALA POHON-POHONAN YG BUAHNYA BERBIJI; ITULAH AKAN MENJADI MAKANANMU.** Kejadian 1:29.

“… Selama bertahun-tahun, peradaban Barat telah mencari cara untuk menyembuhkan berbagai penyakit fisik yg kita alami. Dalam bab ‘Kisah Sukses Haleluya: Kanker’, kita membicarakan tentang bagaimana kita begitu rela untuk mengunjungi seorang dokter medis yang akan memasukkan obat-obatan beracun ke dalam tubuh kita, atau kita menjalani terapi penuh radiasi maupun operasi dalam upaya untuk memperoleh kesembuhan. 

Kita menyia-nyiakan sebuah keberuntungan dan menjelajahi dunia untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit kita, tetapi kita melupakan apa yang ada dalam diri kita adalah sebuah keajaiban yang dibangun di dalam mekanisme pemulihan yg ada dalam diri kita masing-masing yg dinamai sistem imun. Apa yg kita perlukan adalah BEKERJA SAMA DENGAN TUBUH DAN MULAI MEMBERIKAN NUTRISI SESUAI DENGAN YG TUHAN RANCANGKAN SEBAGAIMANA MESTINYA, sehingga sistem imun memiliki materi-materi pembangun yg sesuai dan nutrisi untuk membangun sel-sel yang membentuk sistem imun dan organ-organ esensial. KETIKA TUBUH TELAH MEMBANGUN KEMBALI SEL-SEL MEMBENTUK SISTEM IMUN DAN ORGAN-ORGAN ESENSIAL, MAKA TUBUH AKAN MENCARI BAGIAN TUBUH YG BERMASALAH DAN MENYEMBUHKAN BAGIAN TERSEBUT, APA PUN KEMUNGKINANNYA. Kita tahu bahwa seseorang yg memulai Pola Makan Haleluya, setelah 6 bulan berat badannya turun 60 kg dan 28 masalah fisik yg selama ini ia derita menghilang dari tubuhnya!

… ini bukan penyembuhan ajaib. Pola Makan Haleluyah semata-mata mengembalikan cara menutrisi tubuh seperti yang Tuhan tetapkan dan kemudian membiarkan tubuh berfungsi secara alami, sesuai yang Tuhan telah rancangkan. Begitu sederhana.

… Jantung dari Pola Makan Haleluyah adalah m-a-k-a-n-a-n y-a-n-g h-i-d-u-p. Ini fondasi dasar dari Pola Makan Haleluya yang terutama terdiri dari makanan mentah di mana orang-orang MENGONSUMSI SEBANYAK MUNGKIN MAKANAN DALAM KONDISI ALAMI, TIDAK DIMASAK. …
SAYUR MENTAH. Dalam kondisi mereka yg mentah dan masih hidup, sayur adalah sumber terbesar dari segala mineral dan sumber kedua terbesar dari segala jenis vitamin. Semua sayuran yg berwarna hijau, kuning, merah, ungu, dan jingga dapat digunakan untuk menciptakan serangkaian warna salad, slaws, hidangan utama yg lezat. Tumbuhan berdaun hijau seperti romaine lettuce, spring mix, dan bayam kaya akan asam folat dan zat gizi lainnya. … [Wied Harry: Dan tentu saja sayuran hijau lokal lainnya seperti sawi hijau, kangkung, daun kenikir, kacang panjang, kecipir, dll semuanya enak dibikin salad lokal seperti trancam/pencok, gudangan/urapan/anyang, karedok, dll. Jangan makan daun singkong mentah karena mengandung zat racun yg memabukkan, kecuali setelah dimasak sehingga ‘merusak’ zat racunnya.]

BUAH SEGAR. Sumber vitamin paling utama dan sumber kedua mineral terbesar berasal dari buah-buahan segar, bila buah-buahan dalam kondisi matang di pohon. Buah adalah pembersih dari alam yg menjaga kesehatan dan kebersihan saluran pencernaan. … Buah dikategorikan sebagai buah yg manis dan tidak manis, tetapi idealnya buah manis seharusnya tidak lebih dari 15% dari makanan Anda secara keseluruhan. 

MAKANAN KAYA LEMAK SEHAT. Bagian lain yg juga dalam kelompok makanan hidup adalah lemak sehat yg dapat ditemukan dalam KACANG-KACANGAN [Wied Harry: Contohnya kenari, kacang tanah, kacang mete, almon, walnut, pine nut, dll], MINYAK ZAITUN [Wied Harry: Terutama minyak zaitun extra virgin], AVOKAD, KELAPA [Wied Harry: kelapa parut segar, kelapa muda, santan segar dari kelapa parut yg diperas dengan air masak dan tidak lagi dipanaskan/dimasak/dididihkan – kelapa/santan yg dimasak, tidak termasuk sumber lemak sehat, karena kandungan lemak sehatnya telah rusak dan berubah menjadi lemak trans yg jahat ketika kelapa/santan dipanaskan], serta sumber-sumber lain yg serupa. Minyak flaxseed menyediakan asam lemak omega-3 dalam jumlah cukup. 

… Dengan makanan yg hidup, kegiatan makan jadi lebih mudah dan memuaskan. Namun, pertama-tama KITA HARUS MENINGGALKAN SEMUA ZAT TAMBAHAN DALAM MAKANAN yg selama ini kita gunakan, … Saat kita mendidik kembali dan menyesuaikan tubuh kita pada kesehatan yg sesuai, tubuh akan belajar untuk mengirimkan sinyal lapar yg benar seiring berjalannya waktu. Kemudian kita mulai bisa mendengarkan tubuh kita sendiri, makan kapan pun kita lapar dan nikmati sebanyak yg kita inginkan. Tubuh akan memberi tahu kita, melalui selera makan kita, kapan makan buah yg manis dan berair, salad segar, atau lush, makanan yg kaya lemak – semua berdasarkan kebutuhan-kebutuhan khusus tubuh kita. Tidak ada hal lebih sederhana dan lebih alami! Bahkan karena makanan-makanan tersebut adalah makanan yg lengkap (Wied Harry: maksudnya lengkap nutrisinya dan jg masih sempurna kandungan enzimnya), TUBUH KITA HANYA BUTUH MAKANAN DALAM JUMLAH YG LEBIH SEDIKIT UNTUK MEMENUHI ZAT GIZINYA. Rasa lapar akan menghilang; dan makan berlebih jadi berkurang. TIDAK ADA KALORI YG PERLU DIHITUNG, … 

ULASAN WIED HARRY:
Tidak perlu lagi saya ulas, karena uraian di atas sudah jelas. Jika ada yg ingin didiskusikan, kita diskusikan saja di sini – di bawah postingan ini.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s