Sayuran Mentah + Buah Segar = Enzim = Sehat

Dikutip sesuai aslinya dari buku Sehat Sejati Yang Kodrati Dr. Tan Shot Yen, M.Hum. 

… Percuma saja kita memiliki batu bata, semen, tiang pancang, bahkan besi beton begitu banyak bila tidak ada tenaga kerja yang membangunnya. Anggaplah asupan gizi adalah batu bata, semen, dan semua material yang dibutuhkan tubuh, enzim adalah faktor energi yang memungkinkan semuanya terususn rapi sesuai cetak biru yang diharapkan.

Semua makanan yang dimasak dan dikonsumsi manusia pastinya membutuhkan dan memboroskan enzim tubuh! Makan makanan matang dalam sebagian besar santapan sehari-hari membebani tubuh manusia untuk mensuplai banyak enzim ke liur, cairan lambung, cairan pankreas, dan cairan usus. Akibatnya? Tubuh tidak cukup membentuk enzim lain untuk kebutuhan pekerjaan otak, jantung, ginjal, paru, otot, dan semua jaringan tubuh lain yang juga membutuhkan enzim.

Sebaliknya, jika kita mengonsumsi makanan mentah langsung dari alam seperti SAYUR SEGAR dan BUAH, makanan ini masih kaya akan enzim yang akan memecah dirinya sendiri (self-digesting) sehingga kita tidak memboroskan sebagian besar enzim pencernaan tubuh!

… Kita juga tahu bahwa penurunan kadar enzim tubuh ditemukan pada banyak penyakit kronik seperti alergi, gangguan kulit, bahkan penyakit serius seperti diabetik dan kanker. Sebagai tambahan, ada indikasi konsumsi pangan yang tanpa enzim (artinya sudah dimasak matang) merupakan kontribusi terhadap kelenjar hipofise yang membesar – padahal kelenjar hipofise di otak adalah regulator bagi pembentukan hormon-hormon lain di seluruh kelenjar hormon manusia, termasuk kelenjar kelamin dan pankreas!

Dengan demikian, defisiensi enzim makanan yang diasup juga merupakan penyebab anak sekarang lekas “dewasa” (exagerated maturation). “Cepat tumbuh besar”nya anak dan terlalu cepatnya proses menjadi remaja sangat berhubungan dengan konsumsi makanan matang dan hilangnya konsumsi makanan mentah dalam pola makan kita. 

ULASAN WIED HARRY:
Pengetahuan ini bertolak belakang dengan keyakinan banyak orang selama ini bahwa makanan yang dimasak dengan baik adalah makanan terbaik – karena bebas kuman. Selain buah segar, sayuran mentah juga penting dikonsumsi untuk kesehatan tubuh – termasuk tumbuh-kembang anak. Kuncinya adalah enzim. Sebab, asupan nutrisi saja ternyata belum cukup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s