Bengkak

Dikutip sesuai aslinya dari buku *Clean: Program Revolusioner Mengembalikan Kemampuan-Alami Tubuh untuk Menyembuhkan Diri*, oleh Alejandro Junger, MD, Penerbit Qanita. [Penulisan PENEKANAN MAKNA TULISAN sesuai aslinya.]

“… Sebagian besar metode pengobatan Timur menganggap MUKUS SEBAGAI SAMPAH TOKSIK dlm tubuh kita. Teori ini sangat berbeda dg yg diyakini oleh kedokteran Barat ketika kami hrs menangani flu (hidung meler). Ketika pertama kali saya mendengar penjelasan dokter asal Cina mengenai mukus, saya hampir menganggapnya sedang bergurau, … Saya pun bertanya, “Di mana mukus ini berada?” Dr. William So, seorang ahli akupunktr Korea dari beberapa generasi penyembuh yg telah mengajarkan kpd saya berbagai ilmu pengobatan Cina, menjawab dg tenang, “Di mana-mana. Dia dlm sel, di sekeliling sel, dlm darah, dlm saluran pencernaan. Bahkan dlm pikiran Anda.”
Tradisi Ayurveda India menyatakan bahwa zat yg padat dan toksik ini terakumulasi dlm *amma* tubuh dan sulit dibedakan apakah sumbernya fisik atau mental. Mereka menyatakan bahwa semua PEMICU STRES PADA SISTEM -DARI MAKANAN TOKSIK HINGGA PIKIRAN TOKSIK- BERPOTENSI MENCIPTAKAN MUKUS DLM TUBUH, YG MERUPAKAN TAHAP PERTAMA DARI TIMBULNYA PENYAKIT. Ketika Anda dilatih untuk melihat mukus, Anda dpt mendeteksi keberadaannya dg segera. TANDA KLINIS MUKUS ADALAH YG SAYA SEBUT SBG BENGKAK (PUFFINESS). Ini merupakan gejala yg dlm kedokteran Barat bahkan tidak mendapat nama dan sering kali diabaikan, bahkan ketika kita sedang memandang tepat ke arahnya. (Inilah salah satu keterbatasan dlm kedokteran Barat: apabila suatu kondisi tidak memiliki nama, dokter tidak merasa perlu untuk memeriksanya.)

Tetapi, lihatlah ke sekitar Anda, dan Anda akan mendapatkan bukti bahwa hampir setiap orang yg hidup di dunia modern “BENGKAK” dlm berbagai arti:
*KULITNYA KELIHATAN KENDUR, tidak kencang dan tampak berkerut. Ada banyak lingkaran hitam di bawah mata ketika bangun tidur.

*BEBERAPA BAGIAN TUBUH TAMPAK BENGKAK. Selain itu, terkadang ada beberapa kilogram berat badan yg sulit dihilangkan, bahkan ketika orang tsb memperhatikan asupan kalorinya dan rajin berolahraga. Pakaian yg dikenakan tampak sempit, atau BAGIAN PERUTNYA KELIHATAN BUNCIT, bahkan pd orang yg kurus. Sering kali bagian perut tampak besar. Gerakan perut terhambat dan terjadi KONSTIPASI (Wied Harry: sembelit, sulit buang air besar).

*Di pagi hari, DI BAGIAN BELAKANG LIDAH TAMPAK LAPISAN PUTIH. Jika Anda mengalaminya, hilangkan dg alat pengerik lidah. (Jika warna putihnya tampak sangat jelas, ini mengindikasikan bahwa Anda makan dan minum di larut malam ketika sistem pencernaan seharusnya beristirahat.)

*Beberapa sistem tubuh tampak lebam atau bengkak, yg terkadang muncul saat seseorang KURANG BAHAGIA ATAU TIDAK MERASA DAMAI.
Mukus merupakan pertahanan alami terhadap iritasi. .. 
Terlalu banyak mengonsumsi makanan yg tidak menyehatkan atau menghirup toksin lain dari lingkungan dapat menyebabkan iritasi. Tetapi sering kali, iritasi terjadi di tempat yg tidak dpt kita lihat langsung. TOKSIN MENGIRITASI DINDING USUS YG SENSITIF. Ketika sel2 dlm organ tsb mengalami iritasi, sel2 usus berusaha tetap bertahan dg menciptakan pelindung berupa mukus yg lengket untuk memisahkan diri dari partikel toksik. Ini menjadi AWAL DARI SEMBELIT, yg diperburuk oleh penurunan populasi bakteri baik dlm usus.
Selanjutnya, iritan akan berjalan sepanjang lapisan usus dan menembus pembuluh darah di sisi lain, kemudian menyebabkan iritasi di tempat tsb. KETIKA TOKSIN BERSIRKULASI DLM DARAH, MEREKA MEMICU IRITASI DI TEMPAT2 YG MEREKA SINGGAHI, dan terciptalah mukus2 lain di dlm dan di sekitar sel2 otot dan jaringan. MUKUS BERSIFAT ASAM, shg ia meningkatkan keasaman dlm tubuh. Dan krn SIFAT MUKUS MIRIP SPONS, YAKNI MENYERAP AIR, mukus membuat sel menjadi bengkak dan akhirnya “membengkakkan” Anda – Anda akan tampak lebih gemuk dan tidak sehat.

ULASAN WIED HARRY:
Bagaimana cara menghilangkan mukus, agar tubuh tidak lagi “bengkak” dan menjadi lebih sehat? Alejandro Junger, MD, memberikan saran “JIKA ANDA TIDAK MAKAN BERLEBIHAN, MENGONSUMSI BANYAK NUTRISI YG DAPAT MENINGKATKAN DETOKSIFIKASI, DAN MULAI BEROLAHRAGA, ANDA AKAN ‘MENYUSUT’.” 
Penting untuk melupakan makanan2 yg membanjiri tubuh dg zat2 toksin, spt makanan-minuman-bumbu awetan/kemasan/kalengan/botolan/instan/sejenisnya, produk MSG (vetsin, “kaldu” blok/bubuk/cair/gel) – termasuk bumbu2 industri ber-MSG tinggi spt saus tiram, semua makanan mengandung bahan tambahan sintetis (pengembang, pelembut, pewarna, dll), protein-lemak berlebihan, gula dan semua makanan-minuman bergula tinggi, semua jenis produk susu (susu kalengan/kemasan, keju, dll). Utamakan mengonsumsi buah2an segar dan sayur2an segar mentah sbg makanan dominan menu harian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s