TRIK MENYIAPKAN & MENIKMATI HIDANGAN LEBARAN AGAR TETAP SEHAT KHUSUS LEBARAN:. [BAGI BUKAN PELAKU FOOD COMBINING]

Salah satu tayangan *Reportase Siang* Lebaran di Trans TV adalah penjelasan saya mengenai trik menyiapkan hidangan Lebaran & menikmati hidangan Lebaran, agar kita tidak “menyengsarakan” kesehatan kita sendiri.

Selamat ber-Lebaran. Mohon maaf lahir dan batin.

**********************
Kondisi umum hidangan Lebaran:
• Kaya lemak jenuh & lemak trans, karena hidangan diolah dengan campuran mentega/margarin/mentega putih (shortening) – bikin kue kering lebih renyah/santan/susu/kuning telur, serta menggunakan bahan daging/ayam
• Banyak mengandung kolesterol, karena menggunakan daging/ayam/hati/kuning telur – makin parah kandungan kolesterolnya jika menggunakan jeroan (rendang paru, gulai otak, dll)
• Tinggi gula: sirup, kue kering, kue tradisional (lapis legit, wajik, dodol, dll), cake, manisan
• Minim serat: hidangan sayur-sayuran & buah-buahan segar tidak ada atau hampir tidak ada

Gangguan kesehatan yang mungkin muncul pada saat Lebaran atau usai Lebaran:
Yang ringan:
• Gangguan sulit tidur – karena pencernaan bekerja berat
• Sembelit/sulit BAB – karena minim asupan serat
Yang perlu diwaspadai:
• Tensi melonjak
• Gula darah menanjak
• Kadar lemak darah (kolesterol maupun trigliserida) melambung
• Risiko stroke/serangan jantung lebih besar, terutama bagi yang sudah memiliki kadar kolesterol/trigliserida tinggi, hipertensi, diabetes, pernah stroke, siapa pun yang *merasa sehat* tetapi tidak pernah melakukan medical check up

Saran bagi tuan/nyonya rumah:
Selain hidangan Lebaran khas Anda, tambahkan hidangan di bawah ini. Tujuannya: supaya tamu yang ingin membatasi “makanan nakal” dan menjaga kesehatannya, bisa enjoy.
• Siapkan air putih: bisa air mineral gelas, supaya praktis – sebaiknya air suhu ruang, tak perlu disimpan dalam lemari es [air dingin akan menurunkan kerja sistem metabolisme, sehingga akan lebih banyak *toksin* dari hidangan Lebaran yang terbentuk dan disimpan sebagai lemak]
• Siapkan hidangan buah: 
o Kalau mau praktis: cukup buah utuh (terutama yang banyak serat dan air: jeruk, jambu biji merah, stroberi, dll)
o Lumayan praktis, tapi perlu dikupas/disiapkan pisau: apel, pir, kiwi 
o Sudah dikupas dan dipotong-potong (supaya praktis, bisa disimpan dalam wadah tertutup lalu dimasukkan lemari es): pepaya, nanas, dll
o Fancy: misalnya punch buah (contoh resep: aneka buah potong + jus jeruk manis + air jeruk lemon/nipis + irisan tipis daun jeruk/daun mint), asinan buah (cuka sintetis untuk kuah diganti dengan air jeruk lemon/nipis, supaya aman bagi pengidap gangguan maag) 
Catatan:
Sebaiknya tidak menyiapkan buah yang rasanya terlalu manis: mangga, leci, rambutan, anggur, nangka, durian. Buah terlalu manis mudah menaikkan kadar gula darah dan kolesterol/trigliserida darah, apalagi kalau cara makannya tidak dikunyah dengan baik, sehingga buah kurang tercampur dengan air ludah ketika ditelan. Dalam kondisi tubuh sudah dibanjiri “hidangan nakal” Lebaran, asupan buah manis sekali bisa berakibat mengkhawatirkan.
• Siapkan hidangan sayuran:
o Kalau mau gampang: cukup siapkan lalapan sayuran mentah yang populer (tomat, mentimun, daun selada, kol, terong bulat, wortel, kacang panjang, paprika merah, taoge, pucuk kangkung/daun kangkung muda, pucuk bayam/daun bayam muda, pucuk pepaya gantung, dll)
o Kalau ada waktu, boleh juga siapkan lalapan sayuran kukus: labu siam, pare, daun singkong, dll
o Mau gaya? Boleh siapkan salad bar dengan dressing sauce lokal. Contoh: siapkan potongan atau irisan tipis aneka sayuran, terutama yang tidak mudah berubah warna (mentimun, wortel, daun selada/lettuce, kol). Lengkapi dengan saus pecel/gado-gado, bisa dibeli jadi agar tidak repot. Agar citarasanya bervariasi: Anda bisa menyiapkan saus pecel/gado-gado sesuai aslinya (original), dan saus pecel/gado-gado yang dicampur –misalnya- (1) tomat rebus yang diblender halus, (2) wijen putih/hitam sangrai
• Hidangan Lebaran sebaiknya disiapkan dalam ukuran mini/sesuapan (bite size). Kue kering dibuat berukuran kecil-kecil. Potongan cake/kue/kue tradisional dibuat kecil-kecil (seperti sajian hotel). Potongan ayam/daging dalam masakan dibuat kecil-kecil. Selain lebih cantik, juga memungkinkan tamu mengasup “makanan nakal” Lebaran dalam jumlah terbatas.

Saran bagi tamu:
• Sebelum berangkat bertamu, makan 2-3 macam buah segar hingga cukup kenyang
• Pastikan membekal air putih untuk diminum dalam perjalanan
• Jika membawa kendaraan sendiri, sebaiknya siapkan beragam buah segar di dalam mobil, untuk dinikmati di perjalanan
• Begitu tiba di tempat bertamu, lakukan ini:
o Pilih hidangan aman: hidangan buah segar, air putih (bukan soft, es sirup, atau sejenisnya)
o Jika semuanya “hidangan nakal”, ambil seperlunya, kunyah pelan dan sedikit-sedikit, selingi dengan obrolan dan candaan – sehingga Anda tidak makan “hidangan nakal” berlebihan
• Setelah tiba di rumah: utamakan menyantap banyak hidangan/masakan sayuran tanpa santan (sup/sayur asam/sayur bening) atau tumisan. Jika tidak sempat memasak, cukup siapkan dan santap sayuran mentah praktis: tomat, mentimun, paprika, dll. Bila perlu, makan malam hanya menu sayuran (sampai cukup kenyang). Jika masih punya simpanan tenaga, sebaiknya siapkan jus sayuran, minum setelah makan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s