PUASA METODE FOOD COMBINING

Dlm Food Combining (FC), kta makan sp batas kenyang & nyaman, bukan kekenyangan. Stiap orang punya porsinya masing2. FC tidak mnggunakan itung2an kalori untuk memenuhi kcukupan tubuh, krn tubuh manusia jauh lbih rumit dripada skadar mesin kalorimeter. Kunyah setiap suapan dg baik sebelum ditelan. 

Agar kenyang & bertenaga, tubuh kita tidak hanya butuh asupan makanan berkalori, ttp jg makanan yg kaya nutrisi alami shg hampir smua nutrisinya dpt diserap tubuh dg baik. Sbab untuk mengambil sumber kalori/tenaga dari makanan jg diperlukan nutrisi2 lain, di antaranya vit B. Jika asupan nutrisi tsb kurang, meskipun kta makan banyak makanan berkalori tinggi (nasi/kentang/roti/sejenisnya), tubuh akan tetap menagih untuk diisi lg alias lebih sering lapar. 

Jadi, agar kenyang lebih lama, kuncinya *BUKAN MAKAN SE-BANYAK2NYA*, ttp *MAKAN DG NUTRISI SE-BAGUS2NYA* (dlm pengertian kaya nutrisi alami – macam maupun jumlahnya, dan nutrisi tsb MUDAH DISERAP TUBUH). Dan nutrisi yg mudah diserap tubuh adalah nutrisi alami, bukan nutrisi sintetis yg ditambahkan ke dalam pangan olahan (makanan-minuman kemasan/awetan/botolan/instan/sejenisnya). Karena itu, pelaku FC disarankan mengutamakan makanan segar & alami. Termasuk dlm anjuran ini adalah menjauhi makanan yg dipanaskan ulang. 

.:SAHUR:.
*Minum air putih masak + air jeruk lemon/nipis
*Hidangan sahur: buah potong dan/atau jus buah (suhu ruangan), boleh ditambah yogurt tawar (plain yogurt) 
Catatan:
Jika khawatir kelaparan & lemas di siang hari, boleh ditambah dg telur rebus atau telur dadar (menggunakan minyak goreng sesedikit mungkin). Nikmati telur 15 menit stelah konsumsi buah. 

.:BUKA PUASA [pilihan]:.
Kurma + air putih, atau
Jus buah dan/atau buah potong (suhu ruangan)

.:MAKAN MALAM [bergiliran setiap hari antara menu protein & menu pati]:
Dinikmati setelah salat mahgrib:.

Hari 1: MENU PROTEIN
Makanan hewani (cukup 1 jenis saja) + sayuran 
Contoh menu: ayam bakar bumbu tumbar + urap sayuran 
Catatan:
Porsi sayuran sama banyak dg porsi makanan hewani.
Setiap hari hrs ada sayuran mentah di antara sayuran masak, mis. lalap, salad, jus sayuran.

Hari 2: MENU PATI
Nasi beras merah + lauk nabati (tempe/tahu) + sayuran
Contoh menu: nasi beras merah + bakwan jagung + semur tempe-tahu + tumis taoge-buncis-wortel
Catatan:
Porsi sayuran sama banyak dg porsi nasi+lauk nabati.
Setiap hari hrs ada sayuran mentah di antara sayuran masak, mis. lalap, salad, jus sayuran.

.:KUDAPAN [pilihan]: jika memang diperlukan;.
Dinikmati setelah salat tarawih

Salad sayuran, atau
Jus sayuran, atau
Kue (sesekali saja, dlm jumlah terbatas, tanpa bahan tambahan sintetis) – kalo memang mau detoks, sbaiknya kudapan yg ini dilupakan saja

.:SARAN WIED HARRY:.
(1) Untuk memantapkan pengetahuan FC, silakan baca buku *Food Combining: Kombinasi Makanan Serasi* karya Ibu Andang Gunawan maupun buku2 menu FC karya saya (*Food Combining: Makan Enak untuk Langsing & Sehat*, ada 7 judul buku menu + 5 judul buku hidangan FC non-menu). Spy memahami betul mengapa FC menyarankan kta makan *bukan porsi banyak* tp justru menyarankan makan dg *nutrisi alami banyak*.
(2) Kalo mau tambahan info trik puasa tanpa lemas & tetap bertenaga, silakan baca tulisan + resep2 yg saya bagikan di majalah BEST LIFE INDONESIA (Femina Group) Agustus 2011. Kuncinya adalah makanan alami kaya nutrisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s