KUNCI PANJANG UMUR & TETAP SEHAT

PERTAMA
Kesamaan kebiasaan makan penduduk berusia 100 tahun di Jepang adalah:
[1] MEREKA BUKAN PEMILIH DAN SUKA MEMAKAN SEMUA.
[2] MEREKA HANYA MAKAN SAMPAI LAMBUNG TERISI HINGGA 80%.
[3] MAKANAN MEREKA HANYA MENGANDUNG SEDIKIT DAGING DAN LEBIH BANYAK SAYUR-SAYURAN.

KEDUA
Menghindari “pengapuran” pada pembuluh darah. Semua bentuk penuaan berawal dari pembuluh darah. Keluhan-keluhan seperti diabetes, rematik, tekanan darah tinggi, dan arteroskleris pada akhirnya berhulu pada pembuluh darah. Ada dua cara menghindari penimbunan di dalam pembuluh darah.
[1] Menjaga agar OTOT TIDAK KENDUR. Otot, bersama jantung, berfungsi menyediakan peredaran darah yang baik. Jika otot melemah, peredaran darah dengan sendirinya mengikuti.
[2] Kita harus mencamkan bahwa kerusakan pembuluh darah terutama berkaitan dengan lemak karena kolesterol dan trigliserida lebih suka menumpuk di dalam pembuluh darah tersebut. Akan tetapi, PEMBAKARAN LEMAK secara khusus terjadi di dalam otot. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melatih otot.

Saat usia beranjak tua, mau tidak mau gerak tubuh kita menurun. Apabila kita berolahraga secara berlebihan setelah berusia di atas 25 tahun, kerusakan akibat oksigen aktif akan sangat besar. Oleh karena itu, sudah menjadi hukum alam bahwa semakin bertambah usia kita, semakin sedikit pula kita berolahraga. Akan tetapi, manusia TIDAK BOLEH BERHENTI BERGERAK.

KETIGA
AKTIVASI OTAK. Semua kinerja manusia berjalan sesuai perintah otak. Otak menjaga kita tetap hidup. Meredupnya fungsi-fungsi tubuh berkaitan langsung dengan menurunnya fungsi-fungsi otak. Bagaimana pun, sampai saat ini kita belum memanfaatkan otak secara benar. Meskipun semua orang dinasihati “Gunakan otak kanan!”, mereka tidak begitu tahu cara melakukannya. Untuk hidup lama dan sehat, kita harus terlebih dahulu BERPIKIR POSITIF.

Di seluruh dunia, orang-orang yang berumur panjang memiliki satu kesamaan umum: Mereka TIDAK KHAWATIR – dan itulan yang disebut berpikir positif.

Sumber: Buku THE MIRACLE OF ENDORPHINE Dr. Shigeo Haruyama (dokter spesialis bedah saluran cerna), h. 219-24, Penerbit Qanita

*Penulisan menggunakan huruf KAPITAL sesuai pada sumber aslinya

ULASAN WIED HARRY:
Info ringkasnya adalah kalau mau panjang umur dan tetap sehat di usia yang panjang tersebut, fokuskan diri pada
[1] Perhatikan pola makan:
• Setiap kali makan, pastikan porsi sayuran SELALU LEBIH BANYAK daripada porsi nasi + lauk-pauk.
• Makan sampai batas kenyang, tapi tidak kekenyangan.
[2] Tetap aktif dan SELALU LAKUKAN GERAK BADAN.
[3] Selalu BERPIKIR POSITIF.

Mau kapan dimulai? Sekarang juga? Nanti-nanti? Besok? Bulan depan? Tahun depan? Atau … duhh malesy ah! Silakan, keputusan sepenuhnya ada di tangan kita masing-masing.

Salam sehat.

tua sehat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s