FOOD COMBINING ITU MUDAH

Andang Gunawan, N.D.
Sumber: Majalah NIRMALA Agustus 2011
Disalin oleh Wied Harry https://www.facebook.com/wiedharry?sk=wall 

FOOD COMBINING (FC) adalah alternatif pola makan sehat yg paling fleksibel. Anda tidak harus meninggalkan pola makan yg sudah akrab dlm kehidupan sehari-hari sama sekali. Anda tidak perlu mengubah seluruh gaya hidup. Juga tidak perlu bingung memikirkan kalori, jumlah makanan, dan memilah makanan yg boleh dimakan dan tidak boleh dimakan. Cukup ikuti prinsip-prinsip dasarnya saja, makan dlm porsi yg sesuai ukuran lambung (artinya tidak kurang dan tidak kenyang berlebihan), serta lebih banyak mengonsumsi makanan segar dan alami.

FC tidak menuntut resep masakan spesial. Semua resep yg Anda miliki masih tetap berguna. Anda boleh makan apa saja yg Anda sukai, asalkan tidak keluar dari aturan. Anda tetap bisa menikmati nasi dan ayam goreng kesukaan Anda, hanya masing-masing harus dipisahkan dan disantap pada waktu makan yg berbeda. Ayam goreng untuk makan siang, dan nasi dengan sayuran untuk makan malam. Atau bisa juga setiap makan salah satu makanan dlm porsi jauh lebih kecil dari lainnya.

Anda juga tidak perlu khawatir jika harus menggunakan bahan makanan atau bahan tambahan yg termasuk dlm kelompok makanan tidak serasi selama hanya dipergunakan dlm jumlah kecil. Misalnya sebutir telur untuk campuran satu resep adonan perkedel kentang, atau sedikit tepung untuk memadatkan adonan bola daging cincang. Sekali-sekali makan kentang goreng jg tidak akan membuat berat tubuh Anda naik seketika jika digoreng dg minyak baru. Bakmi goreng jg tidak akan menimbulkan masalah selama tidak dimakan dg makanan tinggi protein. Tukar proteinnya dg jamur. Tambahkan sayuran lain spt taoge, irisan wortel, dan kol. Gunakan bumbu menurut selera. Dijamin Anda tidak akan merasa kehilangan dg tidak hadirnya bakso atau udang di antara bakmi.

Anda jg tidak perlu bingung jika dlm suatu kesempatan tidak ada hidangan yg dapat dikombinasi dg cara FC. Jangan menahan lapar di saat Anda sudah benar-benar kelaparan. Program FC bisa ditunda dan dilanjutkan pada waktu makan berikutnya. Menunda makan pada saat Anda benar-benar lapar justru dapat menimbulkan problem baru, misalnya sakit maag atau kadar gula darah turun. Jika Anda tidak dapat melakukan FC pada siang hari, Anda bisa memulainya pd petang hari. Jika petang harinya Anda juga masih sulit menemukan kombinasi makanan yg serasi, Anda bisa mulai pd hari berikutnya.

Sekali-sekali menyantap kombinasi makanan tidak serasi, seperti nasi dg daging, tidak akan mengganggu, selama tidak dikonsumsi berlebihan dan terus-menerus. Prinsip-prinsip FC dapat diikuti seluruhnya atau sebagian saja, tergantung target Anda sendiri. Sebagian kecil pun, percayalah, tetap ada manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Salam sehat,
Andang Gunawan

ULASAN WIED HARRY:
1. Inti dari tulisan tsb: “…Prinsip-prinsip FC dapat diikuti seluruhnya atau sebagian saja, tergantung target Anda sendiri.” Keputusan sepenuhnya ada di tangan kita masing-masing.
2. Untuk mendapatkan tulisan-tulisan ringkas mengenai prinsip-prinsip penerapan FC dari Mb Andang Gunawan, N.D. (terutama bagi yg “enggan” membaca panjang), bisa membaca Majalah Hidup Sehat Alami NIRMALA. Tulisan seperti ini dimuat secara rutin setiap bulan.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s