ENZIM

Sehat, jauh dari penyakit, memiliki penampilan lebih muda – minimal lebih segar – dari teman-teman seusia, kuncinya mudah. Upayakan agar sistem metabolisme tubuh dpt berjalan dengan baik. Sistem metabolisme adalah segala proses alami yg berlangsung dlm tubuh, meliputi proses pencernaan makanan, proses penyerapan sari makanan & pemanfaatannya (misalnya untuk membangun sel baru, meremajakan sel tua, pemulihan setelah sakit, memperbaiki sistem kekebalan tubuh), serta proses pembuangan ampas makanan & ampas metabolisme. 

Agar sistem metabolisme tubuh dapat berjalan lancar diperlukan enzim. Ibarat menjalankan mobil, enzim berperan seperti oli, dibutuhkan seperlunya tapi penting dan harus ada. Jika tidak, sistem metabolisme terganggu. Enzim banyak terdapat dalam jaringan makanan nabati mentah, terutama buah dan sayuran. Sayuran yang dimasak tidak lagi memiliki kandungan enzim. Enzim mulai rusak pada suhu 60 oC. Ini mengisyaratkan bahwa makan banyak buah-buahan segar dan banyak sayur-sayuran segar mentah setiap hari penting untuk memasok enzim.

Oleh tubuh kita, semua asupan enzim “dipingsankan” dulu agar tidak bekerja ngawur sebelum mencapai tempat yang semestinya. Untuk mengaktifkannya kembali, tubuh kita akan memasangkan enzim dengan koenzim (berupa vitamin) atau kofaktor (berupa mineral makro seperti kalsium, zat besi, kalium, dll). Untuk mengontrol kerja enzim, tubuh menyiapkan mineral mikro (seperti seng, mangan, dll). Begitu diperlukan, “enzim pingsan” tadi, yang disebut apoenzim, akan dibangunkan dengan bantuan koenzim atau kofaktor sbg pasangannya. 

Ibarat sebuah mall, memerlukan lingkungan masyarakat yang mendukung, agar bisa berkembang. Demikian pula dengan sistem metabolisme tubuh, agar berlangsung optimal memerlukan dukungan lingkungan tubuh yg tepat, yakni tingkat keasaman (pH) netral cenderung basa. Guna menyediakan lingkungan demikian, tubuh kita membutuhkan asupan sayur-sayuran segar dan buah-buahan segar LEBIH BANYAK daripada makanan non-sayur dan non-buah. Selain itu, semua makanan olahan/pabrikan/kalengan/kemasan/instan/sejenisnya dan makanan-minuman mengandung/dibubuhi bahan tambahan sintetis mengganggu upaya tubuh membangun lingkungan ideal ini. Termasuk dalam kelompok ini adalah aneka fast food dan junk food – termasuk permen, donat, dll.

Sumber: Nutrition for the Brain, DR. Charles Krebs

ULASAN WIED HARRY:
Kesimpulan: Pola makan yang bisa membuat kita sehat dan tampil lebih muda adalah kaya dengan sayur-sayuran segar (sebagian WAJIB dikonsumsi mentah) dan buah-buahan, serta cukup mengandung vitamin dan mineral, termasuk mineral mikro. Setiap kali makan, porsi sayuran (di antaranya adalah sayuran mentah) SELALU LEBIH BANYAK daripada porsi nasi/penggantinya + lauk-pauk. Wajib menghindari atau menjauhi makanan olahan/pabrikan/kalengan/kemasan/instan/sejenisnya dan makanan-minuman mengandung atau yang dibubuhi bahan tambahan sintetis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s