DETOKS USAI LEBARAN

Lebaran bikin kalap! Semua hidangan enak, gurih, manis, berlemak –plus banyak mengandung bahan tambahan sintetis– tersedia. Mencicip sedikit (lama-lama menjadi bukit) atau sengaja makan sepuasnya (dengan pembelaan ‘toh hanya setahun sekali’) sama efeknya bagi tubuh: kebanjiran toksin. Setelah Lebaran usai; hati, ginjal, sistem limfatik, sistem metabolisme, paru-paru, dan kulit bekerja keras memproses dan membuang zat toksin. Namun jika zat toksin terlalu banyak, sementara nutrisi alami dan enzim tonikum terbatas, organ detoks bisa kelelahan. Tandanya: mood terganggu (perasaan tak nyaman, mudah tersinggung, dll), letih, kurang berenergi, gampang mengantuk tapi tidak merasa segar setelah bangun tidur, bau tubuh lebih menyengat, sering sendawa atau buang gas, gampang kembung/masuk angin, badan tidak nyaman, muka dan/atau kulit lebih kusam dan berminyak, kepala terasa berat, tensi/kolesterol cenderung naik, dll. 

Karena itu, bantulah tubuh membersihkan diri. Raih kesehatan lebih baik. Jalankan pola makan di bawah ini selama 7-14 hari terus-menerus.

HINDARI:
1. Kafein: kopi, teh, cokelat, alkohol. [Tentu saja, termasuk rokok!]
2. Semua makanan-minuman awetan/kalengan/kemasan/instan/sejenisnya, termasuk bumbu botolan/instan/sejenisnya, dan makanan-minuman mengandung food additives sintetis (pewarna, pemanis, pengembang, penstabil/pengemulsi, pengawet, dll). 
3. Tepung terigu.
4. Susu dan hasil olahannya (keju, yogurt, mentega, krim, dll).
5. Daging, ayam, ikan.
6. Lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans: margarin, minyak samin, mentega putih (shortening/pastry margarine), minyak goreng, minyak jelantah. Minyak zaitun boleh dikonsumsi mentah sebagai minyak salad. 
7. Gula. [Bisa menggunakan gula merah dalam jumlah terbatas untuk bumbu. Gunakan garam seterbatas mungkin.]

LAKUKAN INI:
1. Begitu bangun tidur, minum air putih masak suhu ruang + air jeruk nipis/lemon, untuk mendukung kerja hati mendetoks zat toksin [1-2 sdm air jeruk nipis/lemon per 1 gelas (250 ml) air]. 
2. Nikmati sarapan buah potong dan/atau jus buah (suhu ruangan, tanpa es, tanpa sirup/gula/SKM). Selang 30 menit setelah beres konsumsi buah potong/jus buah, silakan makan. 
3. Setiap kali makan dan mengambil piring, penuhi minimal ½ bagian piring untuk sayuran, sisanya untuk nasi dan lauk. Usahakan sebagian dari konsumsi sayuran adalah sayuran mentah (salad/lalap). Lebih baik jika minum 1 gelas jus sayuran 30 menit setelah makan malam. 
4. Di antara beragam jenis sayuran, usahakan sebagian bahan ini selalu ada dalam menu harian (penting untuk mendukung proses detoks): wortel, kol, brokoli, bit, beragam sayuran daun hijau – terutama yang rasanya pahit (a.l. daun pepaya, daun mengkudu), seledri, jahe, bawang putih, beras merah, polong-polongan (kacang merah, kacang hijau, kacang tolo, kedelai, tempe-tahu, susu kedelai), kacang-kacangan dan biji-bijian (kenari, almon, kacang tanah, kacang mete, wijen, dll). 
5. Di antara jam-jam makan (pagi-siang dan siang-malam), nikmati buah sebanyak 1 piring nasi atau sampai batas kenyang tidak kekenyangan. 
6. Minum air putih masak suhu ruang di antara jam makan: 8 gelas per hari. 
7. Minum seperlunya saja ketika makan, agar cairan lambung tidak terencerkan. Kunyah setiap suapan dengan seksama, agar bercampur air ludah. 
8. Boleh minum teh bunga (misalnya chamomile tea) atau teh herba (seduhan rempah-bumbu dapur: jahe, daun jeruk, daun mint, dll).

Bacaan: *Detox for Health* Nicola Graimes, *Detox Yourself* Jane Scrivner, *Detox Revolution* Thomas J. Slaga, Ph.D., dan sumber-sumber lain 

CONTOH SEHARI MENU DETOKS 

BANGUN TIDUR:
Air putih masak + air jeruk lemon/nipis

SARAPAN:
Buah potong: pepaya + nanas

MAKAN PAGI (30-60 menit setelah sarapan):
Nasi beras merah
Sup kacang hijau sayuran: kacang hijau, kol, wortel, brokoli, seledri
Asem-asem kacang merah (nyemek/kuah pekat)
Pepes tahu

KUDAPAN PAGI:
Buah potong: pepaya + nanas

MAKAN SIANG:
Sama dengan makan pagi

KUDAPAN SORE:
Buah potong: pepaya + nanas

MAKAN MALAM:
Nasi beras merah
Pencok/trancam (sayuran mentah: kacang panjang, mentimun, kemangi + tempe kukus/bakar bungkus daun pisang kemudian dicincang) 
Tahu-tempe bumbu bali

30 MENIT SETELAH MAKAN MALAM:
Jus sayuran

Selamat bersih-bersih…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s